Welcome To Blog From Lisa

Cari Blog Ini

contoh tugas



Hasil penelitian kunjungan penelitian industry PT.Pocari Sweat


 

 

Sejarah Pocari Sweat di Indonesia


Pocari Sweat merupakan minuman isotonik yang pada awalnya diproduksi di Jepang. Produsennya adalah PT Otsuka Pharmaceutical, suatu perusahaan farmasi yang tidak membuat produk sesuai keinginan pasar, akan tetapi perusahaan ini membuat produk berdasarkan riset atau bukti-bukti ilmiah, baru kemudian memperkenalkannya ke pasar. Hal inilah yang menyebabkan produk-produknya, termasuk Pocari Sweat, memerlukan usaha ekstra dalam pemasarannya. Pocari Sweat merupakan produk nutrasetikal. Produk nutrasetikal didefinisikan sebagai sejumlah bahan untuk pangan atau bagian dari pangan yang memberi keuntungan medis, termasuk di dalamnya adalah mencegah penyakit atau menangani penyakit. Keunggulan minuman isotonik terletak pada kemampuan dalam menggantikan cairan tubuh secara efektif, sehingga secara tidak langsung produk minuman ini membantu proses pemulihan tubuh dari kondisi sakit. Jika melihat fungsi minuman isotonik dan gaya hidup masyarakat yang semakin peduli dengan kesehatan di tengah kesibukan aktivitas mereka, maka prospek Pocari Sweat sangat baik untuk dikembangkan. Oleh karena itu, PT Otsuka Pharmaceutikal terus mengembangkan usahanya hingga ke berbagai negara, termasuk Indonesia.



Pocari Sweat bukanlah produk minuman isotonik pertama yang masuk ke Indonesia, sebelumnya PT Coca Cola Company telah mencoba untuk memasarkan minuman kesehatan Gatorade. Kesulitan pemasaranlah yang menyebabkan PT Coca Cola Company menyerah dan menghentikan pemasaran produk Gatorade di Indonesia. Pocari Sweat mulai memasuki pasar Indonesia tahun 1990. Pertama kali masuk ke Indonesia, Pocari Sweat dipasarkan hanya 30.000 kaleng per tahun. Pada saat itu, suplai produk ini didatangkan dari pabrik minuman Pocari Sweat di Korea Selatan, karena belum mempunyai pabrik di Indonesia.

Namun mulai tahun 1991, PT Otsuka Pharmaceutical memutuskan untuk berinvestasi di Indonesia dengan nilai investasi awal 6 juta dolar AS. PT Otsuka Pharmaceutical di Indonesia memiliki enam anak perusahaan dan salah satunya adalah PT Amerta Indah Otsuka sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis minuman kesehatan dengan merek Pocari Sweat. Pada tahun 1991, PT Amerta Indah Otsuka mendirikan pabrik di Lawang (Malang, Jawa Timur). Kemudian, pada tahun 2004 perusahaan ini memutuskan untuk memindahkan pabrik ke Sukabumi. Pertimbangannya adalah untuk menekan biaya produksi dan transportasi serta memberikan kemudahan penyediaan bahan baku.



Perjuangan untuk memasarkan Pocari Sweat dari tahun 1990 hingga saat ini bukanlah usaha yang mudah. Penjualan Pocari Sweat mengalami kerugian sejak pertama dipasarkan di Indonesia, padahal potensi pasar di Indonesia sangat besar. Hasil penjualan mulai mengalami peningkatan besar pada tahun 2002. Kesulitan memasuki pasar merupakan kendala utama karena produk ini terbilang baru, sehingga dibutuhkan edukasi konsumen yang cukup lama. Apabila tidak gigih dalam memperjuangkan pasar, maka sudah pasti produsen Pocari Sweat sudah ‘melarikan diri’ dari pasar Indonesia seperti yang terjadi pada Gatorade.



Namun, inilah konsekuensi yang harus dihadapi produsen suatu produk jika produsen tersebut memasarkan produk yang relatif baru dan belum dikenal masyarakat secara luas. Saat awal penetrasi, persepsi masyarakat di Indonesia terhadap Pocari Sweat masih kabur. Pocari Sweat disejajarkan dengan minuman ringan lain atau bahkan dengan air mineral, seperti Coca-Cola, Sprite, Fanta, Aqua, dan Vit. Padahal, Pocari Sweat merupakan minuman isotonik, yakni minuman pengganti ion tubuh untuk kesehatan dan kebugaran. Edukasi mengenai pentingnya hidup sehat terus dilakukan oleh PT Amerta Indah Otsuka sebagai bagian dari strategi pemasaran agar Pocari Sweat semakin dikenal dan diterima masyarakat. PT Amerta Indah Otsuka pun terus melakukan edukasi pasar. Berbagai kegiatan komunikasi pemasaran digelar, mulai dari iklan di TV, media cetak, sponshorship, hingga berbagai kegiatan below the line dengan menghabiskan biaya miliaran rupiah. Edukasi melalui jalur medis juga telah ditempuh dengan bantuan para dokter yang memberi edukasi pada masyarakat. Upaya yang tidak kenal lelah itu akhirnya berbuah manis. Mulai tahun 2002, penjualan Pocari Sweat mendadak meningkat tajam. Penjualan Pocari Sweat mengalami pertumbuhan di atas 50% setiap tahun.



Keberhasilan Pocari Sweat dalam memikat animo positif masyarakat terhadap minuman isotonik memicu pemain baru memasuki pasar yang sama. Dalam waktu yang hampir bersamaan, beberapa pemain baru masuk untuk turut menikmati ‘euforia’ pasar minuman isotonik di Indonesia. Mereka membidik segmen pasar yang tidak terlayani oleh Pocari Sweat, yakni pasar menengah ke bawah. Tidak hanya itu, pada masa jayanya, Pocari Sweat pun harus menghadapi masalah akibat kesalahan yang tak diperbuatnya. Beberapa produk minuman isotonik pesaing terbukti menggunakan bahan pengawet berbahaya dalam produk minuman isotonik mereka. Kasus itu sempat mengganggu pasar minuman isotonik, termasuk Pocari Sweat. Namun, melalui beberapa penelitian, Pocari Sweat terbukti tidak mengandung bahan pengawet berbahaya sehingga Pocari Sweat kembali mendapat kepercayaan konsumen.


Oleh karena itu, PT Amerta Indah Otsuka tidak khawatir dengan produk-produk baru yang menawarkan produk semacam Pocari Sweat. Hal ini karena Pocari Sweat merupakan produk yang sudah melewati uji klinis dan sudah terbukti khasiatnya, sehingga tetap dipercaya oleh konsumen. Pocari Sweat merupakan trust brand, bukan taste brand. Buktinya, Pocari Sweat tetap konsisten menjaga kualitasnya, mempertahankan segmen pasarnya, dan tidak terbujuk untuk mengeluarkan produk dalam berbagai rasa. Itulah yang membedakan Pocari Sweat dengan produk-produk pesaingnya. Sehingga, walaupun banyak pesaing bermunculan dan banyak masalah yang timbul di pasar, Pocari Sweat saat ini masih menjadi pemimpin pasar minuman isotonik di Indonesia.

Nah, itu tadi perjuangan pemasaran Pocari Sweat di Indonesia, sangat inspiratif kan? Jika kalian ingin tahu sejarah berdirinya Pocari Sweat di negerinya sendiri, yakni di Jepang, maka silahkan tonton video berikut ini. Film sejarah Pocari sweat ini juga pernah ditayangkan di salah satu TV swasta di Indonesia.





Pasti anda semua telah mengenal minuman penambah ion tubuh yang di beri nama  "Pocari Sweat". Mulai dari anak kecil hingga dewasa pasti pernah merasakan atau melihat minuman ini. Tetapi tidak semua orang tau tentang sejarah perkembangan minuman ini mulai dari pertama kali minuman ini di temukan sampai saat ini sudah menjangkau berbagai penjuru dunia, dan dengan tulisan saya ini, saya ingin menceritakan sejarah pocari sweat dari pertama di temukan hingga sudah berkembang pesat hingga menjangkau seluruh dunia seperti sekarang ini. Berikut ini cerita singkatnya :



Cerita berawal di pabrik Otsuka Pharmaceutical di Tokushima, Jepang ( 1973 ), Akihiko Otsuka ( 35 tahun ) cucu dari pendiri Otsuka Grup, yang menjabat kepala pabrik Tokushima pada saat itu. Ayah Akihiko, yaitu Masohito Otsuka, merupakan pimpinan perusahaan yang telah membuat sukses perusahaan tersebut dengan menemukan produk-produk terkenal seperti  Oranamin C. Oleh karena itu Akihiko ingin menciptakan suatu produk yang belum pernah ada, agar perusahaan keluarganya tersebut tetap maju. Rokuro Harima (penanggung jawab pengembangan minuman perusahaan) dan dia juga di juluki sebagi ahli rasa di perusahaan tersebut, dam dia juga yang menentukan rasa dari Oranamin C. Beliau datang dengan membawa Cairan Infus, beliau mengusulkan agar membuat suatu produk minuman yang terbuat dari cairan infus. Ide tersebut berdasarkan dari penelitiannya di Meksiko. Selama di Meksiko beliau terkena Diare yang di sebabkan sanitasi air minum disana sangat buruk oleh karena itu beliau harus di rawat di rumah sakit kecil disana. Selama di rawat di rumah sakit tersebut beliau teringat akan masa lalunya dulu. beliau pernah bertemu seorang dokter yang meminum cairan infus untuk mengganti cairan tubuh yang hilang setelah melakukan operasi selama berjam-jam. Oleh karena itu Rokuro Harima mengusulkan agar membuat suatu minuman dengan bahan dasar cairan infus. Tetapi, usulan tersebut di tolak oleh Akihiko Otsuka dengan alasan belum saatnya kita membuat minuman tersebut.

Tiga tahun kemudian Akihiko Otsuka menjabat sebagai direktur Otsuka Pharmaceutical.......


 

DAFTAR ISI

 



PT. POCARI SWEAT
1 PROFIL PT. POCARI SWEAT……………………...……………………..
2 TENTANG PT. POCARI SWEAT………………………………………….
3 MAKNA LOGO PERUSAHAAN………………………………......………
4 PROSES PEMBUATAN……………………………………………………..
5 JAJARAN DIREKSI…………………………………………………………
6 VISI DAN MISI…………………………………………..…………………..
7 MARKETING………………………………………….……………………..
8 SERTIFIKASI INTERNASIONAL YANG SUDAH DIRAIH.…………...
9 PARTISIPASI TERHADAP LINGKUNGAN SEKITAR…………………
PENUTUP………………………………………………………………….……





SEJARAH PT.POCARI SWEAT

1. PROFIL PT. POCARI SWEAT
PT. Amerta Indah Otsuka atau yang lebih dikenal dengan nama PT. Pocari Sweat berjarak sekitar 60 km dari kota Surabaya atau sekitar 50 km dari kota Malang. Tepatnya di Pabrik Kejayan Jl. Malang – Pasuruan km 11 Desa Pacarkeling, Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan.PEOPLE CREATING NEW PRODUCTS FOR BETTER HEALTH WORLDWIDE yang merupakan motto kerja bagi seluruh karyawan Otsuka diseluruh dunia.
Produk unggulan dari PT. Amerta Indah Otsuka adalah POCARI SWEAT ( minuman ringan pengganti ion tubuh ) dan SOYJOY ( sebuah konsep baru dan pertama di Indonesia yang menawarkan suatu produk dengan manfaat kedelai dan buah sekaligus menjadi makanan yang sehat dan praktis ). Dalam kunjungan di PT Amerta Indah Otsuka kami diterima oleh Bpk Deddy Irwantoro W. sebagai Customer Relation Officer.Pak Deddy menjelaskan tentang sejarah, proses produksi dan produk yang dihasilkan oleh PT. Amerta Indah Otsuka di ruang auditorium. Dalam menjalankan proses produksinya PT Amerta Indah Otsuka lebih banyak menggunakan tenaga mesin daripada SDM. PT. Amerta Indah Otsuka menghasilkan produk pocari sweat dengan kemasan botol plastik 350 ml, dan 500 ml, dan makanan (snack) sojyoy.


2. TENTANG PT. POCARI SWEAT
Pocari Sweat merupakan minuman ringan di Jepang, di produksi oleh Otsuka Pharmaceutical Co, Ltd. Tahun 1989 pocari sweat kemasan kaleng diluncurkan, tahun 1990 penetapan kontrak pengemasan (peralatan pabrik), kemudian bulan februari tahun 1997 PT. Amerta Indah Otsuka berdiri di Sukabumi – Jawa Barat. Pocari kemasan 15gr diluncurkan pada bulan februari tahun 2001, pada awal 2004 mulai memproduksi di Sukabumi. Lalu pada bulan Juni 2006 pocari kemasan 500 ml diluncurkan, tidak hanya minuman isotonic saja. PT. Amerta Indah Otsuka juga meluncurkan Soyjoy pada September 2007, kemudian bulan oktober kembali meluncurkan pocari kemasan 350 ml.
Pada februari 2008 kantor Sukabumi & line produksi pocari sweat kemasan PET resmi dibuka. Bulan april tahun 2009 pocari kembali meluncurkan kemasan PET 2 liter, masih dibulan april 2010 soyjoy rasa strawberry diluncurkan. Pada tanggal 26 mei 2010 lalu PT Amerta Indah Otsuka, Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur Kejayan baru diresmikan oleh Executive Vice President Otsuka Pharmaceutical co., Ltd. Jepang Mr. Masayuki Umeno, disaksikan oleh manajemen dan jajaran komisaris PT Amerta Indah Otsuka, dan dihadiri juga oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Bapak Drs. H. Saifullah Yusuf serta jajaran muspida setempat. Berdiri di luas tanah 112,480 m2 dan luas bangunan 19,326 m2, Pabrik Kejayan ini akan mampu menghasilkan PET 350 ml sebanyak 150 Juta botol/tahun. Pabrik Kejayan ini sudah mulai berproduksi dari April 2010. Dengan menggunakan peralatan yang berteknologi canggih serta bahan baku plastik yang lebih ringan serta proses produksi di suhu ruang dalam lingkungan pabrik yang bersih ini akan menghasilkan eco bottle yang ramah lingkungan karena dapat mengurangi emisi karbon ke lingkungan.
Pabrik Kejayan ini juga dilengkapi dengan ruang perkantoran, sebuah Amphitheater dan koridor tempat dimana pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan Pocari Sweat. Fasilitas Amphitheater ini adalah fasilitas ruang serbaguna di area pabrik yang nantinya akan dibuka bagi masyarakat umum sebagai sarana edukasi tentang Pabrik Kejayan yang memproduksi Pocari Sweat secara canggih dengan teknologi tinggi dari Jepang dan tenaga kerja yang berkualitas sehingga menghasilkan Pocari Sweat sebagai produk minuman yang berkualitas tinggi.


3. MAKNA LOGO PERUSAHAAN
Logo Perusahaan merupakan sebuah gambaran simbolis dari falsafah perusahaan Otsuka Pharmaceutical mengadopsi huruf huruf ‘O’ dari inisial nama perusahaan sebagai motifnya. Mewakili langit, motif ‘O’ besar di atas berwarna gradasi biru khas Otsuka menandakan “keterbukaan”, “kebebasan”, “kecerdasan”, dan “masa depan”.
Motif ‘O’ kecil berwarna merah khas Otsuka mewakili pusat energi Otsuka Pharmaceutical, yang merupakan sumber dari prinsip-prinsip di atas.
Disusun secara berimbang dengan 2 motif tersebut, nama Otsuka ditulis menggunakan huruf yang jelas dan mudah dibaca. Logo ini menyampaikan komitmen penuh semangat dari Otsuka Pharmaceutical pada kebahagiaan umat manusia melalui kesehatan yang baik.




4. PROSES PEMBUATAN


1. RESIN
Bijih plastik sebagai bahan pembuatan kemasan *P.E.T, dibawah pengawasan QC yang ketat.
2. INJECTION PREFORM
Resin dipanaskan dan dicetak menjadi preform / calon botol.
3. BLOWING PROSES
Preform ditutup dengan suhu dan tekanan tertentu, dicetak menjadi botol.
4. FILLING PROSES
Pengisian larutan Pocari sweat pada suhu kamar kedalam botol dan di lanjutkan dengan proses capping ( penutupan).
5. LABELING PROSES
Pemberian label pocari sweat pada botol.
6. INSPEKSI
Secara otomatis dengan menggunakan kamera pengawas, untuk memberikan jaminan kualitas yang tinggi.
7. PENGEMASAN
Produk dikemas kedalam karton dan disusun otomatis oleh mesin.
8. UJI KUALITAS
Pengecekan akhir untuk memastikan kualitas yang terbaik sebelum didistribusikan.
9. DISTRIBUSI
Yang telah lulus uji kualitas dapat dikirim ke konsumen.

5. JAJARAN DIREKSI
Presiden Komisionaris : Amir Basir
Presiden Direktur : Yoshihiro Bando
Induk Perusahaan : Otsuka Pharmaceutical, Co., Ltd., Japan
Grup : PT. Otsuka Indonesia, PT. Merapi Utama Pharma,
PT. Otsuka Jaya Indah, PT. Widatra Bhakti, PT. Lautan Otsuka Chemical


6. VISI DAN MISI
A. VISI :
Menjadi perusahaan yang brilian, dengan memberi kontribusi yang signifikan dan terpercaya bagi konsumen serta masyarakat.
B. MISI :
• Mengembangkan dan mempertahankan karyawan yang berkualitas tinggi untuk menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi.
• Menjadikan kebutuhan kesejahteraan konsumen dan masyarakat sebagai prioritas utama.
• Menangkap peluang di semua aspek secara tepat dan inovatif untuk kesejahteraan dan kepuasan konsumen serta perkembangan perusahaan.
• Mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang saling menguntungkan dengan rekan bisnis.
• Menjadi perusahaan terpercaya.


7. MARKETING
Pocari Sweat pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1989.Diluar Jepang juga dijual di daerah Asia Timur, Asia Tenggara dan Timur Tengah.Meliputi : Korea, China, Taiwan, Hongkong, Singapore, Thailand, Bahrain, Qatar, Oman, Saudi Arabia, United Arab Emirates.

8.SERTIFIKASI INTERNASIONAL YANG SUDAH DIRAIH
PT. Amerta Indah Otsuka berkomitmen untuk memberikan yang terbaik pada konsumen dan masyarakat sesuai dengan misinya untuk menjadi perusahaan yang brilian, dengan memberikan kontribusi yang signifikan dan terpercaya bagi konsumen serta masyarakat.Komitmen tersebut diwujudkan dengan kegiatan operasional yang menjunjung tinggi kualitas dan standarisasi baik lokal maupun internasional yang telah diakui dunia. Komitmen dan kerja keras PT. Amerta Indah Otsuka telah diakui berbagai pihak melalui berbagai sertifikat sebagai berikut :

9. PARTISIPASI TERHADAP LINGKUNGAN SEKITAR

1. Masjid : Fasilitas ibadah yang bisa di pergunakan untuk umum.
2. Training Center : Fasilitas pelatihan bagi warga sekitar.
3. Pendidikan Gratis : Karyawan PT. Amerta Indah Otsuka sukarela memberi sekolah gratis dengan mata pelajaran bagi anak-anak kurang mampu disekitar pabrik setiap hari rabu dan jumat.
4. Lapangan Bola : Fasilitas lapangan yang bisa digunakan untuk olahraga bersama karyawan dan warga sekitar.
5. Klinik gratis untuk yang membutuhkannya.



III Penutup

3.1 Kesimpulan

Pocari Sweat merupakan minuman kesehatan yang diproduksi oleh perusahaan farmasiOtsuka (Filipina) Pharmaceutical Incorporated (OPPI). Pocari Sweat pertama kali diperkenalkandi Jepang pada tahun 1980 dan sejak itu telah menjadi favorit bagi konsumen Jepang. Minumankesehatan ini merupakan minuman isotonik yang dapat membantu menggantikan cairan danelektrolit yang hilang melalui keluarnya keringat. Hari ini, Pocari Sweat dinikmati olehkonsumen di 14 negara di seluruh dunia, termasuk Korea, Indonesia, Malaysia, Hong Kong,Cina, Thailand dan Uni Emirat Arab.Pocari Sweat mulai masuk di pasar Indonesia pada tahun 1989 dan dikembangkan olehPT. Amerta Indah Otsuka (AIO). Pada tahun 1991, pabrik Pocari Sweat didirikan di Lawang(Malang, Jawa Timur) untuk melayani kebutuhan pasar di Indonesia. Kemudian pada bulanJanuari 2004, terjadi pemindahan pabrik ke Sukabumi, Jawa Barat hingga saat ini.Pada awal masuknya ke Indonesia, Pocari Sweat mengalami masa sulit, kerugian selamalebih dari 10 tahun hingga pada tahun 2002, perusahaan dapat memperoleh keuntungan. Hal inidisebabkan pada saat awal penetrasi di Indonesia, persepsi masyarakat masih kabur terhadap produk, yang saat itu Pocari Sweat merupakan pelopor dari produk minuman isotonik Indonesia.Saat ini pemain di pasar minuman isotonik di Indonesia tidak lagi hanya Pocari Sweat, banyak  pemain yang juga telah masuk dan bersaing di pasar ini, seperti Mizone, Powerade, Vitazone,Fatigon Hydro, dll. Sejak awal terbentuknya di Indonesia hingga kini, pasar minuman isotonik telah mengalami perubahan seiring dengan ketatnya persaingan yang ada. Pada akhirnya, karyatulis ini akan membahas pengembangan produk Pocari Sweat di tengah persaingan yang ada,secara khusus dipandang dari konsep manajemen pemasaran.


3.2 Saran

Beberapa saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini sebagai bahan
yang lebih baik, yaitu:
pertimbangan pihak perusahaan untuk dapat memperbaiki kinerja ke arah
Sebaiknya pihak PT.Pocari Sweat mewaspadai pihak pesaing,
mengingat banyaknya atribut-atribut produk yang serupa dengan atribut
produk Pocari Sweat. Pihak pesaing bahkan memiliki keunggulan bersaing
dalam memberikan beberapa pilihan rasa pada produknya, oleh karena itu
perusahaan harus lebih meningkatkan lagi akan kinerja atribut-atribut
produknya sehingga dapat tercapainya kepuasan dan loyalitas konsumen.

3.3 Kritik

Cara penyampaian  pegawai PT.Pocari kurang memuaskan terlihat dari sesi tanya jawab, kuarang detail dan kurang biasa menjabarkannya

3.4 Harapan

Semoga PT.Pocari Sweat akan lebih maju lagi, dan lebih banyak memberi bantuan untuk masyarakat yang terkena musibah dan pegawainya lebih jauh baik lagi dalam penyampaian cara menjawab pertanya-pertanyaan dari pengunjung yang akan dating.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar